Pratama, Satria (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELAYU DELI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156171065 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 8156171065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM 8156171065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8156171065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM 8156171065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 8156171065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 8156171065 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM 8156171065 TABLE OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM 8156171065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8156171065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM 8156171065 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perangkat
pembelajaran melalui pendekatan realistik berbasis konteks budaya Melayu Deli
yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Mendeskripsikan
peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan
perangkat PR-BKBMD yang dikembangkan ; 3) Mendeskripsikan kemandirian
belajar siswa dengan menggunakan perangkat PR-BKBMD yang dikembangkan;
4) Mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan
pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama
pengembangan perangkat pembelajaran melalui PR-BKBMD dengan
menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan
perangkat pembelajaran melalui PR-BKBMD yang dikembangkan di kelas VII-1
dan VII-2 SMP Negeri 5 Medan. Perangkat Pembelajaran yang dihasilkan dari
penelitian ini adalah: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar aktivitas
siswa (LAS), buku guru (BG), buku siswa (BS), dan tes kemampuan pemahaman
konsep matematis (TKPKM). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1)
perangkat pembelajaran melalui PR-BKBMD yang dikembangkan telah
memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing;
2) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan
menggunakan perangkat pembelajaran melalui PR-BKBMD yang dikembangkan
pada uji coba I memperoleh rata-rata nilai pretest 55,88 dan nilai posttest 64,71,
dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata nilai pretest 61,76 dan nilai
posttest 82,35; 3) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar
dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui
perangkat pembelajaran melalui PR-BKBMD pada uji coba I memperoleh nilai
rata-rata 68,67 dan meningkat pada uji coba II dengan memperoleh nilai rata-rata
87,57; 4) proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemahaman
konsep matematis pada uji coba II lebih baik dari pada uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Pra p |
Keywords: | kemampuan pemahaman konsep matematis, kemandirian belajar siswa, model 4-D, pengembangan perangkat pembelajaran, PRBKBMD. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Mar 2018 03:01 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29387 |