Rusdi, Azimar (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA, BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP TERHADAP SAINS DENGAN LITERASI SAINS PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA MAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan kemampuan
membaca pemahaman dengan kemampuan literasi sains; (2) Hubungan
kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan literasi sains; (3) Hubungan
sikap terhadap sains dengan kemampuan literasi sains; (4) Hubungan kemampuan
membaca, berpikir kreatif dan sikap terhadap sains secara bersama – sama dengan
literasi sains dalam topik pencemaran lingkungan. Sampel penelitian sebanyak
219 orang siswa MA Negeri Medan kelas XI IPA yang diambil secara cluster
random sampling dari 3 MA Negeri di kota Medan. sikap siswa terhadap sains.
Penelitian ini terdiri atas tahapan persiapan, pelaksanaan dan pascapenelitian.
Instrumen penelitian terdiri atas tes literasi sains, tes kemampuan membaca
pemahaman, tes kemampuan berpikir kreatif dan angket sikap siswa terhadap
sains. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik analisis jalur
pada taraf α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat hubungan antara
kemampuan membaca pemahaman dengan literasi sains pencemaran lingkungan
(r = 0,433 ); (2) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan
literasi sains pencemaran lingkungan (r = 0,557); (3) terdapat hubungan antara
sikap terhadap sains dengan literasi sains pencemaran lingkungan (r = 0,363); (4)
terdapat hubungan antara kemampuan membaca pemahaman, kemampuan
berpikir kreatif, dan sikap terhadap sains secara bersama – sama dengan literasi
sains pencemaran lingkungan (r = 0,628). Hasil penelitian ini mengimplikasikan
bahwa kemampuan membaca pemahaman, kemampuan berpikir kreatif, dan sikap
terhadap sains mempunyai peranan penting dalam peningkatan literasi sains siswa
pada tema Pencemaran Lingkungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.14 Rus h |
Keywords: | kemampuan membaca pemahaman, berpikir kreatif, sikap terhadap sains , dan literasi sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 08:22 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29316 |