Putra, Kurnia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 1 RANTAU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN + PERSETUJUAN + PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
3. ABSTRAK BHS. INDO + ING.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. ABSTRAK BHS. INDO + ING.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. D. ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. D. TABEL.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. D. GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. D. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. D. PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning, everyone is a teacher here, dan ekspositori terhadap kemampuan bepikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah pelajaran biologi siswa materi pencemaran lingkungan SMPN 1 Rantau Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017 berjumlah 373 siswa terdiri dari kelas VII1 sampai dengan VII9. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 3 kelas masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Kelas A sebagai kelas problem based learning, kelas B sebagai kelas everyone is a teacher here, dan kelas C sebagai kelas ekspositori. Instrument pengumpul data kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah siswa digunakan tes uraian materi pencemaran lingkungan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kovariat (ANACOVA) dengan α = 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh: hasil analisis kovariat menunjukkan bahwa model pembelajaran signifikan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (F = 1225,523; P = 0,00). Rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas problem based learning memberikan pengaruh sebesar 3,71 lebih tinggi dibandingkan kelas everyone is a teacher here dan 39,94 lebih tinggi dari ekspositori. Kelas everyone is a teacher here memberi pengaruh sebesar 36,23 lebih tinggi dibandingkan kelas ekspositori; dan hasil analisis kovariat menunjukkan bahwa model pembelajaran signifikan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah (F = 414,239; P = 0,000). Rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas problem based learning memberikan pengaruh sebesar 3,3 lebih tinggi disbanding kelas everyone is a teacher here dan 34,18 lebih tinggi dari ekspositori. Kelas everyone is a teacher here memberi pengaruh sebesar 30,88 lebih tinggi dibandingkan ekspositori. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning dan everyone is a teacher here terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah pelajaran biologi siswa materi pencemaran lingkungan SMPN 1 Rantau Utara
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Put p |
Keywords: | Model Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 08:15 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29313 |