Tampubolon, Arif Rahman Hakim (2017) KONTRIBUSI TIPE KECERDASAN DAN SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN TAPANULI SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER (8156174003).pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN (8156174003).pdf - Published Version
Download (850kB) | Preview
3. ABSTRAK (8156174003).pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR (8156174003).pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. DAFTAR ISI (8156174003).pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL (8156174003).pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR (8156174003).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN (8156174003).pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. BAB I (8156174003).pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. BAB V (8156174003).pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA (8156174003).pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tipe kecerdasan dan self-efficacy terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri se-Kabupaten Tapanuli Selatan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan data diperoleh dari 10 SMA Negeri dengan menggunakan teknik survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri 815 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Slovin, Proportionate Stratified Random Sampling (PSRS) dan Simple Random Sampling (SRS) yang terdiri dari 268 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket tipe kecerdasan, self-efficacy, dan soal biologi pada materi sistem organ. Kontribusi tipe kecerdasan dan self-efficacy terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem organ diperoleh dengan menggunakan analisis regresi dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi tipe kecerdasan secara langsung sebesar 22,1%, secara tidak langsung sebesar 34,3% dan self-efficacy sebesar 1,4%. Secara simultan, kontribusi tipe kecerdasan dan self-efficacy sebesar 57,8% dengan residual 42,2% dipengaruhi variabel lain. Dengan melihat kontribusi masing-masing tipe kecerdasan, maka diketahui tipe kecerdasan yang memiliki kontribusi terbesar dan disebut sebagai prediktor terbaik terhadap hasil belajar kognitif dan membantu guru dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat guna mengatasi masalah dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.071 2 Tam k |
Keywords: | tipe kecerdasan, self-efficacy, hasil belajar kognitif siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 03:48 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29299 |