Aminah, Wasri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MAN RANTAUPRAPAT. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8156174036 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2 NIM 8156174036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 NIM 8156174036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4 NIM 8156174036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5 NIM 8156174036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6 NIM 8156174036 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7 NIM 8156174036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 8156174036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9 NIM 8156174036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13 NIM 8156174036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14 NIM 8156174036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
dan advance organizer terhadap keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir
tingkat tinggi pada materi Sistem Pernapasan di MAN Rantauparapat. Penelitian ini
dilakukan pada 3 kelas yaitu kelas XI2 dengan model inkuiri, kelas XI3 dengan model
advance organizer, dan kelas XI4 dengan model konvensional. Instrumen pengumpulan data
keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi berbentuk tes uraian.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kovariat (kovariat pretes) dengan
α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan skor keterampilan proses sains siswa yang
dibelajarkan dengan model pembelajaan inkuiri 29,19% lebih tinggi dibanding dengan skor
keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional
namun tidak berbeda signifikan dibanding yang dibelajarkan dengan model advance
organizer 27,47% (F = 362,48; P = 0,000). Skor kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa
yang dibelajarkan dengan model pembelajaan inkuiri 31, 21% lebih tinggi dibanding dengan
skor kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
konvensional namun tidak berbeda signifikan dibanding yang dibelajarkan dengan model
advance organizer 28,92% (F = 466,66; P = 0,000). Kesimpulan penelitian ini bahwa model
pembelajaran Inkuiri dan advance organizer berpengaruh signifikan terhadap keterampilan
proses sains siswa dan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi sistem pernapasan di
MAN Rantauparapat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 617,071 2 Ami p |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, Advance Organizer, Inkuiri, Sistem Pernapasan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates > QL640 Reptiles and amphibians Q Science > QL Zoology > QL750 Animal behavior |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 03:13 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29297 |