Sari, Anisa Tri (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS X SMK MULTI KARYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191002 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 8156191002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
3. NIM 8156191002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM 8156191002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM 8156191002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM 8156191002 TABLES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM 8156191002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM 8156191002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 8156191002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
13. NIM 8156191002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
14. NIM 8156191002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran menulis teks prosedur kompleks berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas X SMK Multi Karya Medan, (2) mendeskripsikan hasil kelayakan pengembangan media pembelajaran menulis teks prosedur kompleks berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas X Multi Karya Medan, (3) mendeskripsikan hasil belajar menulis teks prosedur kompleks menggunakan media pembelajaran menulis teks prosedur kompleks berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas X SMK Multi Karya Medan. Media pembelajaran dikembangkan berbasis multimedia interaktif dalam bentuk CD pembelajaran interaktif. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D) dengan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi dengan rata-rata 85,25% pada kriteria sangat baik; (2) validasi ahli desain media pembelajaran dengan rata-rata 91,25% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 89,17% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 75% dengan kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 82,5% dengan kriteria sangat baik, dan (6) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 93% dengan kriteria sangat baik. Kegiatan akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan melihat hasil belajar siswa dalam menulis teks prosedur kompleks. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMK Multi Karya Medan. Hasil belajar tes menulis teks prosedur kompleks siswa sebelum menggunakan media pembelajaran sebesar 73,85, sedangkan hasil belajar tes menulis teks prosedur kompleks siswa sesudah menggunakan media pembelajaran meningkat sebesar 86,05. Selisih yang diperoleh sebesar 12,2 dari sebelum ke sesudah. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran menulis teks prosedur kompleks berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi media pembelajaran menulis teks prosedur kompleks berbasis multimedia interaktif terhadap pembelajaran adalah media pembelajaran ini akan memberikan kemudahan bagi guru untuk memberikan materi pelajaran, serta memberikan kemudahan bagi siswa dalam menerima dan menerapkan materi pelajaran yang diberikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 414.071 2 Sar p |
Keywords: | media, teks, prosedur, multimedia, interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 03:02 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29296 |