MUNTHE, ANANDA PRATIWI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111004 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 4133111004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. NIM 4133111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM 4133111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM 4133111004 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. NIM 4133111004 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM 4133111004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM 4133111004 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM 4133111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
13. NIM 4133111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14 NIM 4133111004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada materi program linear dikelas XI MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA MAN 3 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 42 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada materi Program Linear.
Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematika siswa pada tes awal komunikasi matematika diperoleh 11 siswa (26,19%) dari 42 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Dan pada siklus I diperoleh 26 siswa (61,90%) dari 42 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 35,71%, berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka persentasi ketuntasan ini belum memenuhi. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematiika II diperoleh 36 siswa (85,71%) dari 42 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 23,81%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentasi ketuntasan ini sudah memenuhi.
Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika pada tes awal komunikasi adalah 51,38, dan pada siklus I meningkat menjadi 71,48. Peningkatan rata-rata tersebut sebesar 20,10. dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Maka peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,52.
Berdasarkan uraian-uraian diatas disimpulkan bahwa komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada materi Program Linear dikelas XI MAN 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 054 |
Keywords: | TWO STAY TWO STRAY, KOMUNIKASI MATEMATIKA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 10:41 |
Last Modified: | 13 Mar 2019 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29204 |