Siagian, Andrew Rolas (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4133111005 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
3 NIM 4133111005 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4 NIM 4133111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5 NIM 4133111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6 NIM 4133111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7 NIM 4133111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 4133111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9 NIM 4133111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10 NIM 4133111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
14 NIM 4133111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (0B)
15 NIM 4133111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve Create and Share terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA NEGERI 1 Kisaran yang terdiri dari 10 kelas dan jumlah keseluruhan siswa kelas X sebanyak 420 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dipilih dua kelas yang menjadi sampel penelitian secara random sampling, didapat kelas X-1 dan X-3 yang masing- asing berjumlah 40 orang. Kelas experiment yaitu kelas X-1 menggunakan Model Pembelajaran Search, Solve Create and Share dan kelas kontrol yaitu kelas X-3 menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sebagai alat pengumpul data digunakan data pretest dan postest dalam bentuk test isian pada materi geometri untuk pretest dan materi geometri untuk postest, dimana masing-masing soal berjumlah 5 soal yang sudah divalidkan. Sebelum dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji kesamaan dua rata-rata data pretest.Pada uji kesamaan dua rata-rata data pretest diperoleh thitung = 2,193 dan ttabel = 1,994, karena thitung >ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga rata-rata tes kemampuan awal kedua kelas berbeda.Karena rata-rata tes kemampuan awal kedua kelas berbeda, maka dicari selisih postets dengan pretest kedua kelas. Untuk uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat uji hipotesis, yang diuji adalah data selisih postest dengan pretest kedua kelas. Pada uji normalitas data selisih postest dengan pretest kelas experiment diperoleh = 3,0503 dan = 11,0503, karena < dapat disimpulkan bahwa sebaran data pada kelas experiment berdistribusi normal. Pada uji normalitas data selisih postest dengan pretest kelas kontrol diperoleh = 7,8987 dan = 12,5920, karena < dapat disimpulkan bahwa sebaran data pada kelas kontrol berdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas data selisih postest dengan pretest diperoleh Fhitung = 1,0700 dan Ftabel = 1,7074, karena Fhitung <Ftabelmaka kedua kelas homogen. Setelah data dikatakan normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis untuk data selisih postest dengan pretest. Pada uji hipotesis data selisih postest dengan pretest diperolehthitung = 3,121 dan ttabel = 1667, karena thitung >ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran yang diajar menggunakan model pembelajaran Search, Solve Create and Share lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dengan kata lain “terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve Create and Share terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 002 |
Keywords: | Quasi Experiment, Search, Solve, Create and Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:53 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29146 |