SARI, WINDI NOVIA (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PBL BERBANTUAN LKS PADA MATERI SEL BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KEMAMPUAN KERJA ILMIAH DAN SIKAP KERJA SAMA SISWA DI MAN TANJUNG MORAWA T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131141049 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4131141049 LEMBAR PENGESAHAN FIX.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM. 4131141049 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 4131141049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 4131141049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM. 4131141049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7. NIM. 4131141049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4131141049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4131141049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
10. NIM. 4131141049 BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. NIM. 4131141049 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
15. NIM. 4131141049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan model PBL berbantuan LKS pada materi sel berdasarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, kemampuan kerja ilmiah dan sikap kerja sama siswa di MAN Tanjung Morawa T.P. 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Efektivitas pembelajaran dengan model PBL berbantuan LKS diketahui dari nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi, kemampuan kerja ilmiah, ketuntasan belajar dan ketercapaian indikator. Selain itu efektivitas pembelajaran juga dilihat dari sikap kerja sama siswa. Untuk mendapatkan nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi dilakukan dengan tes, kemampuan kerja ilmiah dilakukan dengan menilai LKS yang dikerjakan siswa dan sikap kerja sama siswa dilakukan dengan mengamati perilaku siswa berdasarkan indikator kerja sama.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi 78,4 (baik), ketuntasan klasikal sebesar 85,71% dan persentase ketercapaian indikator sebesar 85,7%. Nilai kerja ilmiah siswa sebesar 67,32 (cukup), ketuntasan klasikal pada pertemuan pertama 11,42%, pertemuan kedua 0%, pertemuan ketiga 100% dan pertemuan keempat 34,28% serta persentase ketercapaian indikator sebesar 40%. Nilai sikap kerja sama siswa sebesar 72,85 (baik). Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan LKS pada materi sel efektif berdasarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap kerja sama tetapi tidak efektif berdasarkan kemampuan kerja ilmiah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 003 |
Keywords: | EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN, MODEL PBL BERBANTUAN LKS, KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KEMAMPUAN KERJA ILMIAH, SIKAP KERJA SAMA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH705 Economic biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:52 |
Last Modified: | 19 Mar 2018 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29133 |