SIDABUTAR, INGGRIT (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342048_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7133342048_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 7133342048_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 7133342048_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM. 7133342048_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 7133342048_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 7133342048_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133342048_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 7133342048_BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. NIM. 7133342048_BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 7133342048_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Mastery Learning berpengaruh secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jl. Sindiro No.1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 31 siswa dan kelas kontrol 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan lima option. Dimana sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya
pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α = 0,05
Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan posttest yaitu 54,35 dan 82,42 dengan standar deviasi 8,92 dan 6,81. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 53,28 dan 73,75 dengan standar deviasi 8,76 dan 6,22. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung (4,917) > ttabel (1,667) yang berarti hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Mastery Learning berpengaruh secara signifikan pada standar kompetensi mencatat transaksi ke dalam jurnal khusus dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 004 |
Keywords: | Model Pembelajaran Mastery Learning;Metode Konvensional;Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:52 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29130 |