Rozali (2010) STRATEGI KOORDINASI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENGEFEKTIFAN SEKOLAH DI SD NEGERI NOMOR 068426 MEDAN LABUHAN DAN SD NEGERI NOMOR 064014 MEDAN PETISAH. Masters thesis, UNIMED.
1500055030505 Abstrak.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
1500055030505 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (929kB) | Preview
1500055030505 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
1500055030505 Bab I.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
1500055030505 Bab V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
1500055030505 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Permasalahan utama penelitian ini adalah bagaimana Strategi Koordinasi Kepala Sekolah dalam Upaya Pengefektifan Sekolah di SD Negeri Nomor 068426 Medan Labuhan dan SD Negeri Nomor 064014 Medan Petisah dan faktor pendukung dan penghambatnya. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode pengumpulan dan analisais data yang mengacu pada kaedah-kaedah penelitian kualitatif yang di kembangkan oleh Hubermen & Miles (1994).Prosedur pemilihan narasumber ditentukan berdasarkan pertimbangan keterlibatannya dalam Strategi Koordinasi Kepala Sekolah dalam Upaya Pengefektifan Sekolah di SD Negeri Nomor 068426 Medan Labuhan dan SD Negeri Nomor 064014 Medan Petisah. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen.Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan yaitu: (1) Strategi koordinasi dalam mengefektifIcan pembelajaran di SD Negeri Nomor 068426 Medan Labuhan dan SD Negeri Nomor 064014 Medan Petisah sudah berjalan lancar, bersifat vertikal yaitu penugasan dan konsultatif, dan bersifat horizontal dengan cara dialog dan kekeluargaan, dan (2) Faktor penghambat dalam koordinasi adalah keterlambatan dalam penyelesaian togas administratif, dan perubahan-perubahan kebijakan dinas pendidikan provinsi dan kota yang begitu cepat sehingga kebijakan sebelumnya belum sempat dimantapkan pelaksanaannya, terutama berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum, pengawasan dalam hal ujian atau sistem evaluasi belajar. Faktor pendukung dalam koordinasi adalah komunikasi dialogis yang harmonis dan kekeluargaan antara seluruh staf sekolah dan instansi terkait, dan (3) Efektifitas sekolah pada aspek kerjasama kemitraan SD Negeri 068426 Medan Labuhan lebih baik dari SD Negeri 064014. Aspek iklim pembelajaran yang positif kondusif, monitoring dan evaluasi, dan fokus terhadap aktivitas esensial SD Negeri 064014 Medan Petisah lebih balk dibanding SD Negeri 068426 Medan Labuhan. Pada aspek ekspektasi guru dan staf dan komitmen SDM, SD Negeri 068426 Medan Labuhan sama baik dengan SD Negeri 064014 Medan Petisah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.068 Roz s |
Keywords: | Manajemen; Pengajaran; Sekolah; Strategi koordinasi; Koordinator |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2913 |