Marbun, Sriniti (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN AUDIOVISUAL PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331083 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 4133331083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM 4133331083 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM 4133331083 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
5. NIM 4133331083 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
6. NIM 4133331083 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
7. NIM 4133331083 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 4133331083 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM 4133331083 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
10. NIM 4133331083 BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
14. NIM 4133331083 BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
15. NIM 4133331083 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan minat dan motivasi kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, korelasi antara aktivitas belajar dan hasil belajar siswa menggunakan media peta konsep dan audiovisual pada model pembelajaran discovery learning materi sistem koloid, serta mengetahui media belajar mana yang lebih unggul dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Pancur Batu pada bulan April sampai dengan Juni 2017.Populasi dalam penelitian ini adalah selurih siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pancur Batu Medan yang berjumlah 5 kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sumpling berdasarkan pertimbangan nilai, kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I menggunakan media peta konsep pada model pembelajaran discovery learning dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II menggunakan media audiovisual pada model pembelajaran discovery learning. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang disusun dengan lima option yaitu a, b, c, d, dan e dan telah diuji validitas, reabilitas. Hasil penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen I nilai rata-rata pretest 43,83 dan kelas eksperimen II sebesar 45 sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen I sebesar 75,67 dan kelas eksperimen II sebesar 81,83. Hasil analisis data hipotesis I diperoleh thitung sebesar 4,397 pada taraf 0.05dan Ho ditolak dengan syaratthitung berada didaerah kritist< -t½α dan t >t½α, maka daerah kritis thitungt< -2,002 dan t > 2,002. Hasil uji hipotesis II diperoleh data thiung sebesar 2,845 dan berada didaerah kritis, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan daerah kritis t< -2,002 dan t > 2,002. Untuk korelasi pada kelas eksperimen I menunjukkan korelasi positif antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa yaitu rhitung ≥ rtabel (0,471 > 0,361) dan uji korelasi pada kelas ekperimen II menunjukkan korelasi positif yaitu rhitung ≥ rtabel (0,471 > 0,361).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 004 |
Keywords: | DISCOVERY LEARNING, PETA KONSEP, AUDIOVISUAL, AKTIVITAS, HASIL BELAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:50 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29094 |