RITONGA, RINI PRIMA S. (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS NEGOSIASI BERBASIS MASALAH UNTUK SISWA KELAS X SMA DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM . 8156192045 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM . 8156192045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
3. NIM . 8156192045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM . 8156192045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM . 8156192045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM . 8156192045 TABLES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM . 8156192045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM . 8156192045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM . 8156192045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
13. NIM . 8156192045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. NIM . 8156192045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) hasil uji kelayakan pengembangan bahan ajar menulis teks negosiasi berbasis masalah, (2) hasil belajar siswa pada materi menulis teks negosiasi dengan pengembangan bahan ajar menulis teks negosiasi berbasis masalah, dan (3) keefektifan bahan ajar menulis teks negosiasi berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model pengembangan Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 84,56% pada kriteria baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 81,25% pada kriteria baik, aspek bahasa dengan rata-rata 83,3% pada kriteria baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 92,36% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 76,38% pada kriteria baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 81,71% pada kriteria baik, (5) uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,5% pada kriteria sangat baik, (6) rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar 67,62% dan rata-rata sesudah menggunakan bahan ajar 80,5%, dan (7) keefektifan bahan ajar dengan persentase 80,5% pada kriteria baik. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu bahan ajar berbentuk modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa lebih mudah mengembangkan ide berdasarkan masalah yang lenih nyata dan lebih dekat dengan kehidupan siswa tersebut. Dengan demikian, bahan ajar teks negosiasi berbasis masalah yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | bahan ajar, teks, berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:48 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29059 |