Manurung, Poltak (2010) POLA MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM OTONOMI DAERAH DI SMP NEGERI 25 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
150061188130042 Abstrak.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
150061188130042 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
150061188130042 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
061188130042 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
150061188130042 Bab V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
150061188130042 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan manajemen kepala sekolah di SMP negeri 25 Medan dalam pembelajaran di kelas, mendeskripsikan manajemen kurikulum yang dilakukan guru di kelas, mendeskripsikan tenaga pendidik dalam pembelajaran dalam otonomi daerah. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode pengumpulan dan analisis data yang mengacu pada kaedah¬kaedah penelitian kualitatif. Prosedur pemilihan narasumber ditentukan berdasarkan pertimbangan keterlibatannya dalam manajemen pembelajaran dalam kelas serta kontribusi mereka sebagai faktor pendukung dan sebagai penghambat pada pelaksanaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 25 medan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Data-data dikumpulkan melalui wawancara, observasi/pengamatan ke lapangan dan studi dokumentasi. Penelitian ini infonnannya adalah kepala sekolah, pembantu kepala sekolah 1, II, III, para guru, dan peserta didik.Untuk keabsahan data penelitian ini digunakan metode teknik trianggulasi, observasi terus-menerus, perpanjangan waktu di lapangan dan membandingkan hasil wawancara dengan hasil pengamatan.Hasil penelitian ini mengungkapkan: (1) pola kurikulum di SMP Negeri 25 Medan diberlakukannya otonomi daerah dan pola tenaga pendidik di SMP Negeri 25 Medan diberlakukannya otonomi daerah.Kesimpulan penelitian ini adalah Manajemen kepala sekolah era otonomi daerah dalam pembelajaran di SMP Negeri 25 Medan belum berlangsung dengan efektif. Tingkat kemampuan guru dalam melakukan manajemen pembelajaran di dalam kelas masih perlu perhatian dengan baik. Manajemen kelas yang dilakukan guru dalam pembelajaran belum mampu mendukung pelaksanaan manajemen kelas. Kepala sekolah harus mampu membimbing dan mengarahican guru-guru dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran kelas di era otonomi daerah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 068 Man p |
Keywords: | Penelitian; Kurikulum; Manajemen; Sentralisasi; Desentralisasi; Kepala sekolah; Tenaga pendidik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2905 |