Silitonga, Kartini (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121023 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM. 4133121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM. 4133121023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 4133121023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 4133121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM. 4133121023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM. 4133121023 TABLES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM. 4133121023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM. 4133121023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
13. NIM. 4133121023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM. 4133121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017 Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian adalah Two Group Pre-test-post-test Design. Sampel penelitian 2 kelas yang ditentukan dengan teknik class random sampling yaitu kelas XI MIA-6 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Quantum Teaching dan kelas XI MIA-3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 15 soal dengan 5 option, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t setelah uji prasyarat dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 37,88 dengan standar deviasi 11,80 dan nilai pretes kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 39,44 dengan standar deviasi 12,27. Hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dua pihak , diperoleh hasil bahwa data nilai pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, homogen dan kemampuan awal kedua kelas sama. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 71,44 dengan standar deviasi 8,73 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postes kelas kontrol yaitu 66,92 dengan standar deviasi 10,03, maka ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 038 |
Keywords: | Quantum Teaching; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:46 |
Last Modified: | 16 Mar 2018 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29031 |