Erianti (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
7 NIM. 4132111007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
1 NIM. 4132111007 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2 NIM. 4132111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
3 NIM. 4132111007 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4 NIM. 4132111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5 NIM. 4132111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6 NIM. 4132111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8 NIM. 4132111007 TABLE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
9 NIM. 4132111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
10 NIM. 4132111007 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
14 NIM. 4132111007 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
15 NIM. 4132111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 5 NegeriPercut Sei Tuan, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa sangat rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah tersebut. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7SMP Negeri 5 Percut Sei Tuantahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 38 orang dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroomactionresearch). Cara pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan tes. Dari hasil tes awal diperoleh 4 orang siswa yang tuntas, ketuntasan klasikal 10,52%, dengan rata-rata nilai tes 41,92, kategori kemampuan pemecahan masalah sangat rendah. Dari hasil tes kemampuan masalah I diperoleh bahwa siswa yang tuntas ada 27 siswa (71,05%) dengan rata-rata nilai tes 69,21, kategori kemampuan pemecahan masalah sedang. Ketuntasan klasikal meningkat sebesar 60,55% dari hasil tes awal. Rata-rata nilai tes siswa meningkat 27,29 dari tes awal. Dari hasil tes kemampuan masalah II diperoleh bahwa siswa yang tuntas 33 siswa (86,84%) dengan rata-rata nilai tes 79,61, kategori kemampuan pemecahan masalah sedang. Ketuntasan klasikal meningkat 15,75% dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah I. Rata-rata nilai tes meningkat 10,40. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 049 |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pembelajaran CIRC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:46 |
Last Modified: | 15 Mar 2018 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29018 |