PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Nuriah (2010) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500045020288 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500045020288 abstrak.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 1500045020288 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500045020288 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500045020288 bab I.pdf]
Preview
Text
1500045020288 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500045020288 bab V.pdf]
Preview
Text
1500045020288 bab V.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menulis siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran contextual teaching learning dan yang diajar dengan metode pembelajaran ekspositori; (2) perbedaan kemampuan menulis siswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan konvergen; (3) lnteraksi antara metode pembelajaran dan gaya berpikir dalam memepengaruhi kemampuan menulis siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Medan pada mate pelajaran bahasa Indonesia.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri 9 kelas berjumlah 396. Sampel penelitian terdiri dari 84 orang, terbagi dalam 2 kelas. Untuk menentukan gaya berpikir menggunakan angket gaya berpikir. Data diperoleh dengan tes kemampuan menulis yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varians (anava) faktorial 2 x 2 setelah terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas data dengan uji Barlett.Uji lanjut dengan menggunakan uji Tukey membuktikan bahwa siswa yang merniiiki gaya berpikir divergen memperoleh basil kemampuan menulis yang lebih baik jika diajar menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning dibandingkan menggunakan metode pembelajaran ekspositori, sedangkan bagi siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen basil kemampuan menulis yang lebih balk jika diajar menggunakan metode pembelajaran ekspositori dibandingkan menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning.Berdasarkan basil penelitian, disimpulkan tidak terdapat perbedaan kemampuan menulis Bahasa Indonesia antara siswa yang diajar melalui metode pembelajaran contextual teaching and learning dengan siswa yang diajar melalui metode ekspositori ditunjukkan oleh Fhitung = 0,87 < Ftabet = 3,96 pada taraf signifikansi a — 0,05, kemudian ditemukan perbedaan secara signifikan antara kemampuan menulis Bahasa Indonesia kelompok siswa gays berpikir divergen dibandingkan kelompok siswa gaya berpikir konvergen ditunjukkan oleh Fhttung 82,02 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi a = 0,05, serta terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya berpikir dalam mempengaruhi kemampuan menulis siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan pada mate pelajaran Bahasa Indonesia. ditunjukkan oleh Fiutung = 11,61 > Ftabei = 3,96 pada taraf signifikansi a = 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 Nur p
Keywords: Menulis;Siswa;Kemampuan;Ekspototori;Eksperimen;Angket;
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 25 Apr 2016 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item
View Item