SEKARINI, DWI (2017) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI IPA SMA SWASTA CERDAS MURNI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123141029 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4123141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 4123141029 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM. 4123141029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 4123141029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 4123141029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
7. NIM. 4123141029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 4123141029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 4123141029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM. 4123141029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
14. NIM. 4123141029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
15. NIM. 4123141029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Role Playing pada sub materi Sistem Pencernaan Makanan di kelas XI IPA-2 SMA Swasta Cerdas Murni Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas (40 orang) yang dipilih secara acak dari 2 kelas populasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunkan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar observasi. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Role Playing pada sub materi Sistem Pencernaan Makanan adalah 75,25 ± 9,1. Persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 85 % atau 34 orang, tingkat ketercapaian indikator tertinggi pada sub materi mengidentifikasi struktur dan fungsi organ dalam proses sistem pencernaan makanan pada manusia (83,125 %) sedangkan terendah pada sub materi mengaitakan struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan ruminansia (64,64%) serta aktivitas siswa tergolong sangat baik (90%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing dinyatakan efektif digunakan pada sub materi Sistem Pencernaan Makanan di kelas XI IPA-2 SMA Swasta Cerdas Murni Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan hasil thitung > ttabel yakni 17,63 > 2.022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 035 |
Keywords: | EFECTIVITAS; METODE ROLE PLAYING; HASIL BELAJAR; AKTIVITAS SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:43 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28965 |