SIPAYUNG, YESSICA UNY TWELVINA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA PADA SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4133341037 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 4133341037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM. 4133341037 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM. 4133341037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5.NIM. 4133341037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
6. NIM. 4133341037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
7. NIM. 4133341037. ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM. 4133341037 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9.NIM. 4133341037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
10.NIM. 4133341037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
14.NIM. 4133341037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
16. NIM. 4133341037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dan Numbered Head Together di kelas XI MIA 1,SMANegeri 1 Sunggal. Jenispenelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 39 orang siswa. Pengamatan aktivitas dilakukan oleh empat orang observer masing-masing mengamati 8-10 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda serta pengamatan aktivitas siswa melalui lembar observasi dalam bentuk uraian. Kegiatan perbaikan pembelajaran pada siklus I: siswa mengutarakan pendapatnya, pada siklus II: guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan soal atau game. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata pretest siswa adalah 56,02 dengan ketuntasan klasikal 10,25% sedangkan hasil rata-rata post test pada siklus I adalah 67,20 dengan ketuntasan klasikal 74,25% dan hasil rata-rata post test pada siklus II adalah 95,64 dengan ketuntasan klasikal 89,75%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 64,11%. Untuk hasil aktivitas belajar siswa ditemukan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, secara klasikal aktivitas melihat siklus I ke siklus II meningkat sebesar 20,51%, aktivitas berbicara meningkat sebesar 32,06%, aktivitas mendengarkan meningkat sebesar 16,67% dan aktivitas menulis meningkat sebesar 23,08%. Hal ini berarti bahwa kombinasi model pembelajaran Mind Mapping dan Numbered Head Together di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa dari siklus I sampai siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 034 |
Keywords: | Hasil Belajar,Aktivitas Belajar,Model Pembelajaran Kooperatif, Mapping,Numbered Head Together |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:01 |
Last Modified: | 15 Feb 2019 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28929 |