DAMAYANTI, ULFI (2017) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN DAN ALAT MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI-AP SMK PAB 3 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6131111076 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 6131111076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 6131111076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 6131111076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM. 6131111076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 6131111076 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 6131111076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 6131111076 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 6131111076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13. NIM. 6131111076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14.NIM. 6131111076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest pass pada permainan bola basket melalui penerapan variasi pembelajaran dan alat modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar chestpass bola basket pada siswa kelas XI-AP SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Ajaran 2017/2018.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas XI-AP sebanyak 30 siswa putri. Penelitian dilaksanakan di SMK PAB 3 Medan Estate 16 Oktober s/d 23 Oktober 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan portofolio penilaian tes.
Hasil penelitian siklus I setelah dilakukan post test siklus I dari 30 siswa terdapat 18 siswa (60%) tuntas dan 12 orang (40%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 71,93 (belum tuntas). Hasil penelitian siklus II setelah dilakukan post test siklus II dari 30 siswa terdapat 27 siswa (90%) tuntas dan 3 siswa (10%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 85,3(tuntas). Kenaikan nilai rata-rata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 13,37%. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%.Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran chest pass melalui penerapan variasi pembelajaran dan alat modifikasi, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (70). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (92,5). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran chest pass melalui penerapan variasi pembelajaran dan alat modifikasi, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (70). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi (90) kategori sangat baik.Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapanvariasi pembelajaran dan alat modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar chest passbola basket pada siswa kelas XI-AP SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 015 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran; Bola Basket |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 13:55 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28910 |