Budianto, Agus (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132111015 COVER.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
2. NIM. 5132111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
3. NIM. 5132111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
4. NIM. 5132111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 5132111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. NIM. 5132111015 TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 5132111015 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5132111015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5132111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 5132111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
14. NIM 5132111015 BIBLIOPGRAPHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar Gambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan belum optimal sesuai dengan standard nilai KKM 75.Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pembelajaran drill dan motivasi berprestasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 27 orang.Dari hasil penelitian pada siklus 1 didapatkan hasil 19 orang siswa (70,37 %) yang lulus dengan memperoleh nilai ≥75 dengan nilai rata-rata 80,09 dan siklus II didapatkan hasil 27 orang peserta didik (100%) yang lulus dengan memperoleh nilai ≥75 dengan nilai rata-rata 88,66 maka peningkatan yang terjadi antara siklus I dan II sebesar 29,63%. Sedangkan untuk skor motivasi berprestasi pada siklus I didapatkan rxy sebesar 0,898darir tabel= 0,367 yang berarti korelasi sangat signifikan dan siklus II sebesar 0,938darir tabel= 0,367 yang berarti korelasi sangat signifikan. Maka peningktan yang terjadi antara siklus I dan II sebesar 0,04. Hasil penelitian menunjukkan pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran drill dan motivasi berprestasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 002 |
Keywords: | Gambar Teknik; Metode Drill; Motivasi Berprestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 13:54 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28906 |