Utama, Darin Luthfi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IS SMA NEGERI 2 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342032_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7133342032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 7133342032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4. NIM. 7133342032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 7133342032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 7133342032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7133342032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133342032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7133342032_BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM. 7133342032_BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 7133342032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran ICARE dan hasil belajar yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XII IS SMA Negeri 2 Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan yang terletak dijalan Karangsari No. 435, Sari Rejo, Medan Polonia pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IS yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 89 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling, yaitu kelas XII IS 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan XII IS 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung> ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis diterima.Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre test kelas eksperimen adalah sebesar 44,17 dan kelas kontrol adalah 45,16. Dan nilai post tes kelas eksperimen adalah 79,67 dan kelas kontrol adalah 77. Hasil uji thitung adalah 1,76 sedangkan ttabel = 1,67 dengan thitung> ttabel (1,76>1,67) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran ICARE lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada materi persamaan dasar akuntansi dan jurnal umum pada siswa kelas XII IS di SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 009 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN ICARE, HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 13:54 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28902 |