PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IS SMA NEGERI 2 MEDAN T.P. 2017/2018

Utama, Darin Luthfi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IS SMA NEGERI 2 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7133342032_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133342032_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133342032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133342032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133342032_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133342032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133342032_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133342032_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133342032_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133342032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133342032_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133342032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133342032_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133342032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133342032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133342032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7133342032_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133342032_BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133342032_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133342032_BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133342032_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133342032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran ICARE dan hasil belajar yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XII IS SMA Negeri 2 Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan yang terletak dijalan Karangsari No. 435, Sari Rejo, Medan Polonia pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IS yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 89 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling, yaitu kelas XII IS 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan XII IS 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung> ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis diterima.Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre test kelas eksperimen adalah sebesar 44,17 dan kelas kontrol adalah 45,16. Dan nilai post tes kelas eksperimen adalah 79,67 dan kelas kontrol adalah 77. Hasil uji thitung adalah 1,76 sedangkan ttabel = 1,67 dengan thitung> ttabel (1,76>1,67) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran ICARE lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada materi persamaan dasar akuntansi dan jurnal umum pada siswa kelas XII IS di SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 009
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN ICARE, HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 13:54
Last Modified: 13 Mar 2018 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28902

Actions (login required)

View Item
View Item