NINTA, PEBRINA (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BATTING SOFTBALL MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI BOLA KASTI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133311048 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 6133311048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM. 6133311048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 6133311048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM. 6133311048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 6133311048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 6133311048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 6133311048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
12. NIM. 6133311048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM. 6133311048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar batting softball melalui variasi pembelajaran dengan menggunakan modifikasi bola kasti pada siswa kelas XSMA Negeri 3 BinjaiTahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-IS 2 SMA Negeri 3Binjaidengan jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 10 orang siswa putra dan 20 orang siswa putri.Berdasarkan tes awal hasil belajar keterampilan batting (memukul) softball9 siswa telah tuntas (30 %) dan 21 siswa tidak tuntas (70%) dengan nilai rata-rata klasikal30%. Dari hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran batting (memukul) softball, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (60). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (85). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan batting (memukul) softbalmaka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 16 siswa (53,33 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (47 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata klasikal 53,33. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 26siswa (87 %) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai klasikal 87. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran dengan menggunakan modifikasi bola kasti dapat meningkatkan hasil belajar batting softballpada siswa kelas X-IS 2 SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 018 |
Keywords: | Hasil Belajar; Modifikasi Bola Kasti |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:26 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28894 |