Damanik, Raudah Ummu Fahda (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SMKN 1 MERANTI T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111036 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4131111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM 4131111036 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM 4131111036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
5. NIM 4131111036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
6. NIM 4131111036 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 4131111036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4131111036 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4131111036 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
10. NIM 4131111036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
14. NIM 4131111036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
15. NIM 4131111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Meranti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Meranti dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ-1 sebanyak 24 orang dan siswa kelas XI TKJ-2 sebanyak 27 orang. Kelas XI TKJ-1 diberi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI TKJ-2 diberi pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan essay test sebanyak 4 soal untuk pre-test dan post-test yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Setelah diketahui bahwa sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, dari analisis data pada kelas eksperimen didapat bahwasanya selisih posttest-pretest tertinggi adalah 40, sedangkan selisih posttest-pretest terendah adalah 20 dengan nilai rata-rata selisih posttest-pretest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah 29,6875 dengan simpangan baku 4,9625. Pada kelas kontrol, diperoleh data selisih posttest-pretest tertinggi adalah 32,5 sedangkan selisih postest-pretest terendah adalah 7,5 dengan nilai rata-rata selisih posttest-pretest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah 20 dengan simpangan baku 6,004805. Dari analisis data selisih post test dengan pre test menggunakan uji analisis varians pada software SPSS, diperoleh nilai signifikansi pada tabel output adalah 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka kesimpulannya adalah model pembelajaran PBL terbukti berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk hipotesis kedua, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Independent Samples T-Test. Berdasarkan tabel output SPSS, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi program linear di kelas XI SMK Negeri 1 Meranti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 005 |
Keywords: | Model PBL; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:07 |
Last Modified: | 09 Mar 2018 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28872 |