Nasution, Sunny Syaputra (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI MTS NEGERI 2 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4131111049 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2.NIM 4131111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3.NIM 4131111049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (862kB) | Preview
4.NIM 4131111049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5.NIM 4131111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6.NIM 4131111049 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7.NIM 4131111049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
8.NIM 4131111049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9.NIM 4131111049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13.NIM 4131111049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (989kB) | Preview
14.NIM 4131111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi Operasi Aljabar dengan menerapkan model pembelajaran problem posing di kelas VII MTs Negeri 2 Medan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII MTs Negeri 2 Medan tahun ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Medan, yang terdiri dari 10 kelas diambil satu kelas yang berjumlah 40 orang yaitu kelas VII-4 sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Di MTs Negeri 2 Medan. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi Operasi Aljabar saat diterapkan model pembelajaran problem posing, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan model pembelajaran problem posing. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,15 sudah berada pada kategori cukup baik dan siklus II hasil observasi proses pembelajaran yaitu 3,31 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan dimana pada tes kemampuan kreatif I di siklus I persentase ketuntasan hanya 70% (28 orang siswa) dengan rata-rata 69 dan pada siklus II menjadi 95% (38 orang siswa) dengan nilai rata-rata 81,25 dan sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal (PKK) yaitu ( 65%). Dan berdasarkan data lembar kerja siswa (LKS) pada pertemuan I dan II di siklus I diperoleh 7 dari 8 kelompok yang tuntas dan pada pertemuan III di siklus II diperoleh 8 dari 8 kelompok yang tuntas. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa Model Pembelajaran Problem Posing Dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 044 |
Keywords: | PROBLEM POSING, KREATIF, MATEMATIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28864 |