NATALIA, SIAGIAN DESSY DEBORA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342045_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 7133342045_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 7133342045_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4. NIM. 7133342045_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 7133342045_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7133342045_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7133342045_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133342045_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7133342045_BAB I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
13. NIM. 7133342045_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 7133342045_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Medan yang beralamat di Jalan Sampali No. 23 Pandau Hulu II, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 8 Medan dengan jumlah 148 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Purposive Sampling dimana sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari 2 kelas. Kelas XII IPS 1 dengan jumlah siswa 31 siswa sebagai kelas Eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan kelas XII IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa yang diajar dengan metode konvensional. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas dan hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan.
Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) adalah pre-test sebesar 57,26 dengan standar deviasi 9,82 dan post-test sebesar 85,16 dengan standar deviasi 7,24. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan metode konvensional adalah pre-test sebesar 52,90 dengan standar deviasi 9,64 dan post-test sebesar 77,74 dengan standar deviasi 7,51. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji t dari perhitungan diperoleh thitung 3,968 sedangkan ttabel 1,671 pada taraf α = 0,05 dan interval kepercayaan 95% dengan demikian diperoleh thitung > ttabel (3,968 > 1,671). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 010 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION, METODE KONVENSIONAL, HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:03 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28856 |