Putra, Agung Brema (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142002_COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 7133142002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 7133142002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM. 7133142002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5. NIM. 7133142002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 7133142002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 7133142002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7133142002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 7133142002_BAB I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
13. NIM. 7133142002_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7133142002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
AGUNG BREMA PUTRA, NIM 7133142002. Penerapan Model Pembelajaran ARCS dengan Strategi Peer Lesson Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2017/2018. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan Tahun 2017. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran ARCS dengan Strategi Peer Lessons pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu tahun pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pancur Batu yang beralamat di Jalan Jamin Ginting No.22, Durin Simbelang A, Pancur Batu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Pancur Batu yang terdiri dari 34 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARCS dengan Strategi Peer Lessons, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara test berbentuk pilihan berganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Adapaun analisis data adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data nilai hasil belajar siswa pada siklus I Siswa yang mencapai KKM adalah 21 siswa (62%) dengan nilai rata-rata siswa adalah 73.8 dan pada siklus II diproleh 28 Siswa (82%) yang telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 84.3. Dengan demikian terdapat peningkatan hasll belajar sebesar 20% dari siklus I ke siklus II. Hasil perolehan aktivitas siswa pada siklus I jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 2 siswa , Siswa yang aktif sebanyak 13 siswa, siswa yang cukup aktif sebanyak 10 siswa, siswa yang kurang aktif sebanyak 7 siswa dan siswa yang tidak aktif sebanyak 2 siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas dimana jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 5 siswa, siswa yang aktif sebanyak 21 siswa, siswa yang cukup aktif sebanyak 6 siswa, siswa yang kurang aktif sebanyak 2 siswa dan tidak terdapat siswa yang tidak aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran ARCS dengan Strategi Peer Lessons dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 011 |
Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR; HASIL BELAJAR; MODEL PEMBELAJARAN ARCS; STRATEGI PEMBELAJARAN ARCS |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 06:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28855 |