Tarigan, Muhammad Nuh (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5132111009 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM.5132111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM.5132111009 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
4. NIM.5132111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
5. NIM5132111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
6. NIM5132111009 TABLE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
7. NIM5132111009 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM5132111009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. NIM5132111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM5132111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
14. NIM5132111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
Abstract
Muhammad Nuh Tarigan. NIM 5132111009. Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat. Skripsi. Fakultas Teknik – Universitas Negeri Medan. 2017 Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran Konstruksi Bangunan melalui penerapan Metode Pebelajaran Tutor Sebaya siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat semester ganjil T.A. 2017/2018 berjumlah 33 orang. Hasil uji coba instrumen angket dari jumlah keseluruhan 50 butir diperoleh 42 butir dinyatakan valid dengan hasil reabilitas pada angket siklus I diperoleh 0,77 (tinggi) dan Siklus II diperoleh 0,81 (sangat tinggi). Sedangkan untuk tes hasil uji coba instrumen tes yang dilakukan pada siklus I dan siklus II dari 50 soal diperoleh 43 soal yang dinyatakan valid, hasil reabilitas pada angket siklus I diperoleh 0,78 (tinggi), dan siklus II diperoleh 0,79 (tinggi). Penelitian dilakukan dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian minat belajar siklus I dengan nilai rata-rata 61,05 presentase kategori cukup 63,64% dan siklus II menjadi 83,37 dengan presentase kategori cukup 100%. rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 70,39 dengan presentase kompeten 27,27% dan siklus II dengan rata-rata nilai menjadi 87,59 dengan presentase kompeten 96,97.Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar konstruksi bangunan siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Stabat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 014 |
Keywords: | Tutor Sebaya, Minat, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 06:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28849 |