PRATIWI, IKA (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MARKETPLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS XI SEMESTER I MAN 4 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131121020 - COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4131121020 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
3. NIM. 4131121020 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 4131121020 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
5. NIM. 4131121020 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 4131121020 - TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 4131121020 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 4131121020 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 4131121020 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
13. NIM. 4131121020 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM. 4131121020 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan Marketplace Activity terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di Kelas XI Semester I MAN 4 Medan T.P 2017/2018. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Post-test. Populasi penelitian semua siswa kelas XI IPA, terdiri dari 4 kelas paralel berjumlah 160 orang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik class random sampling, yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan marketplace activity dan kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 15 soal dan observasi aktivitas. Hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 46,27 dan 46,47. Hasil uji normalitas, homogenitas dan uji t dua pihak kedua kelas berdistribusi normal, homogen, dan kemampuan awal sama. Selama proses pembelajaran nilai rata-rata aktivitas belajar siswa dan aktivitas Marketplace Activity kelas eksperimen adalah 73,50 dan 72,22 dengan kategori aktif dan bagus. Setelah diberikan perlakuan berbeda, hasil rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 75,13 dan 69,27. Hasil uji t satu pihak diperoleh ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan Marketplace Activity terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas XI MAN 4 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 036 |
Keywords: | Group Investigation, MArketplace Activity, Hasil Belajar, Usaha dan Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28844 |