Yuliani, Nurma (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X TKJ SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133131021 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 5133131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5133131021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 5133131021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 5133131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
6. NIM. 5133131021 TABLES.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
7. NIM. 5133131021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
8. NIM. 5133131021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. NIM. 5133131021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13. NIM. 5133131021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 5133131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Nurma Yuliani. NIM. 5133131021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. 2017 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa.kelas X TKJ SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan pada mata pelajaran Sistem Komputer. Siswa cenderung sulit memahami materi pelajaran disebabkan media yang digunakan guru tidak dapat menimbulkan daya imajinasi terhadap materi yang dipelajari. Hal ini akan berdampak pada motivasi dan minat belajar siswa menurun. Oleh sebab itu penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat menampilkan animasi sehingga membuat siswa aktif dalam belajar. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai desain pembelajarannya. Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,34 dan dinyatakan “Sangat Baik”dan pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,27 dan dinyatakan “Sangat Baik”. Pengujian kepada siswa dilakukan secara dua tahap dimana hasil pengujian I memiliki rata-rata sebesar 4,46 dan dikategorikan “Sangat Baik” dan pengujian II memiliki rata-rata sebesar 4,57 dan dikategorikan “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk dijadikan media pembelajaran pada materi Relasi Logik dan Fungsi Gerbang Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 004 |
Keywords: | Mulltimedia interaktif; Research and Development (R&D); ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:39 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28838 |