Sinaga, Syahril (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SMK BM SINAR HUSNI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133141109 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM 7133141109 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
3. NIM 7133141109 PREFACE.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
4. NIM 7133141109 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM 7133141109 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
6. NIM 7133141109 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM 7133141109 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM 7133141109 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 7133141109 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
13. NIM 7133141109 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
14. NIM 7133141109 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Syahril Sinaga, NIM : 7133141109. Pengaruh Model Demonstrasi dan Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK BM Sinar Husni Tahun Ajaran 2017/2018. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Medan Tahun 2017. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Kearsipan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Demonstrasi dan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Kearsipan kelas X SMK BM Sinar Husni, Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 140 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP 1 (Eksperimen I ) yang berjumlah 35 orang dan X AP 3 (Eksperimen II) yang berjumlah 35 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas adalah Kolmogorov Smornov dengan kriteria thitung> ttabel pada taraf α = 0,05 dan uji homogenitas menggunakan uji F(Levene) dengan kriteria Fhitung > Ftabel pada taraf α = 0,05, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji partial (t) dengan kriteria pengujian adalah t hitung > t tabel dan menggunakan uji simultan (F) dengan ketentuan F hitung > F tabel pada taraf α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung eksperimen I adalah sebesar 4,942 dengan ttabel sebesar 1,689. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel (4,942 > 1,689) dengan signifikan α 0,000 < 0,05. Nilai thitung eksperimen II adalah sebesar 3,239 dengan ttabel sebesar 1,689. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel (3,239 > 1,689) dengan signifikan 0,001< 0,05. Nilai Fhitung adalah sebesar 7,367. Sedangkan Ftabel dihitung dengan ketentuan yaitu taraf signifikansi 95% dan taraf α 0,05, serta derajat kebebasan (dk) dengan ketentuan n-3 = 70-3 = 67. Dengan ketentuan tersebut diketahui nilai Ftabel sebesar 3,13. Dengan demikian nilai Fhitung = 7,367 dikonsultasikan dengan Ftabel = 3,13 sehingga didapat nilai Fhitung = 7,367 > Ftabel = 3,13.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Demonstrasi dan Scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan kelas X SMK BM Sinar Husni Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 011 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI, MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE, HASIL BELAJAR KEARSIPAN |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:23 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28784 |