Bastian Jose, Wandry Habeahan (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331051 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4133331051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM 4133331051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM 4133331051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 4133331051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM 4133331051 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 4133331051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4133331051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
9. NIM 4133331051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13. NIM 4133331051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 4133331051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Termokimia, juga interaksi antara model pembelajaran menggunakan media dan kemampuan numerik. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA N 1 Stabat yang terdiri dari 9 kelas dan 2 kelas sebagai sampel yang diambil secara purposive sampling. Merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan anava faktorial 2 × 2. Data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 25 soal dan reliabel r (0,85) dan data untuk kemampuan numerik siswa diperoleh melalui test kemampuan numerik dengan soal yang telah valid. Teknik analisa data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran PBL menggunakan media terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 4,015 > 3,99, terdapat pengaruh kemampuan numerik tinggi dan kemampuan numerik rendah terhadap hasil belajar kimia pada materi termokimia dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 23,717 > 3,99 dan terdapat interaksi antara model pembelajaran menggunakan media dengan kemampuan numerik terhadap hasil belajar kimia pada materi termokimia dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 11,142 > 3,99.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 007 |
Keywords: | ANAVA 2 X 2; HASIL BELAJAR; KEMAMPUAN NUMERIK; MODEL PROBLEM BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:21 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28761 |