SIMORANGKIR, TRIFENA HERLITA (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN STAD DI SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132111026 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 4132111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM 4132111026 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM 4132111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM 4132111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
6. NIM 4132111026 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
7. NIM 4132111026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM 4132111026 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM 4132111026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
10. NIM 4132111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 4132111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
15. NIM 4132111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada model pembelajaran tipe STAD di SMP Negeri 17 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan yang terdiri dari 9 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan siswa kelas VII-3 sebanyak 72 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa uraian sebanyak 3 soal. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah 18,94 dengan simpangan baku 6,72 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 12,94 dengan simpangan baku 5,15. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh thitung=4,28 dengan kriteria pengujian tolak Ho dan terima Ha jika thitung≥1,66 sehingga terlihat bahwa ternyata thitung tidak berada pada daerah penerimaan H0 yang berarti bahwa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 010 |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematika, TPS, STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:16 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28741 |