PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ADVENCE ORGANIZER DAN TEKNIK MERINGKAS CATATAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA DHARMA PATRA PANGKALAN SUSU

Nursamsu (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ADVENCE ORGANIZER DAN TEKNIK MERINGKAS CATATAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA DHARMA PATRA PANGKALAN SUSU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081188910012 - KataPengantar.pdf]
Preview
Text
081188910012 - KataPengantar.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 081188910012 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
081188910012 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 081188910012 - DaftarIsi.pdf]
Preview
Text
081188910012 - DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 081188910012 - Bab-I.pdf]
Preview
Text
081188910012 - Bab-I.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of 081188910012 - Bab-V.pdf]
Preview
Text
081188910012 - Bab-V.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 081188910012 - DaftarPustaka.pdf]
Preview
Text
081188910012 - DaftarPustaka.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran advance organizer dalam bentuk film dengan strategi advance organizer dalam bentuk handout; (2) perbedaan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan teknik meringkas catatan peta pikiran dengan teknik meringkas catatan narasi; (3) interaksi antara strategi pembelajaran advance organizer dengan teknik meringkas catatan hasil belajar biologi siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Dharma Patra Pangkalan Susu, sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 136 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan sampel total, dimana semua kelas eksprimen yaitu: (Kelas X-1 - X-4) . Teknik analisis data dilakukan dengan uji Analisis Varians (ANAVA) Dua Jalur. Selain itu juga dilakukan uji validitas instrument dan uji persyaratan data, berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan basil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran advance organizer dalam bentuk film dan strategi pembelajaran advance organizer dalam bentuk handout, dengan F hitung = 9,773 dengan probabilitas p = 0,002 < 0,05; (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan teknik meringkas catatan peta pikiran dengan teknik meringkas catatan narasi, dengan F hitung = 37,151 dengan probabilitas p = 0,000 < 0,05; (3) interaksi antara strategi pembelajaran advance organizer dan teknik meringkas catatan tidak mempengaruhi hasil belajar siswa dengan F hitung = 0,588 dan probabilitas p = 0,445 > 0,05; (4) rata-rata kemampuan menjawab soal tes kognitif oleh siswa yang dibelajarkan dengan strategi advance organizer dalam bentuk film dengan teknik meringkas catatan peta pikiran lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan strategi pembelajaran advance organizer dalam bentuk handout dengan teknik meringkas catatan peta pikiran dan narasi strategi pembelajaran advance organizer dalam bentuk film dengan teknik meringkas catatan narasi. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi advance organizer dalam bentuk film dengan teknik meringkas catatan peta pikiran lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan strategi pembelajaran advance organizer dalam bentuk handout dengan teknik meringkas catatan peta pikiran dan narasi strategi pembelajaran advance organizer dalam bentuk film dengan teknik meringkas catatan narasi. Implilcasi dan penelitian ini secara khusus ditunjukan kepada guru biologi yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran harus diperhatikan karalcteristilc siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570. 071 Nur p
Keywords: Teknik Meringkas; Hasil Belajar Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 04:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item
View Item