Magdalena, Emmy (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321011 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4133321011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
3. NIM 4133321011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 4133321011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM 4133321011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6. NIM 4133321011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. NIM 4133321011 TABLES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM 4133321011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. NIM 4133321011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM 4133321011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
14. NIM 4133321011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA semester II yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel sebanyak dua kelas dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan kelas X IPA 1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas X IPA 7 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay sebanyak 7 soal yang telah valid untuk mengukur hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengukur psikomotorik dan afektif siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 39,51 dan kelas kontrol adalah 38,10. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 70,65 dan kelas kontrol 63,20. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh hasil thitung = 2,910 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung > ttabel bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 005 |
Keywords: | QUASI EXPERIMENT, GROUP INVESTIGATION, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:15 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28730 |