PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DI SMA

SUNIATI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4131131047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131131047 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4131131047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4131131047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4131131047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4131131047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4131131047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4131131047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4131131047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4131131047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4131131047 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4131131047 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4131131047 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4131131047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4131131047 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4131131047 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4131131047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4131131047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4131131047 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4131131047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4131131047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4131131047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Badar aceh Tenggara T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xmia SMA Negeri 1 Badar yang terdiri dari 3 (tiga) kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak (random sampling), yakni kelas Xmia1 merupakan kelas ekperimen I dan kelas Xmia3 sebagai kelas ekperimen II. Sampel siswa diambil sebanyak 32 orang siswa berdasarkan kehomogenan nilai pretest dan berdasarkan pada tabel krejcie dengan α= 0,05. Pada kelas ekperimen I dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan kelas ekperimen II dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari istrumen tes dan non tes. Dimana instrument tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang telah divalidasikan. dan non tes digunakan untuk mengetahui sikap kerjasama siswa dengan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dengan thitung > 1,9994. Persen peningkatan hasil belajar siswa pada kelas ekperimen I sebesar 61 % dan kelas ekperimen II sebesar 53%, sedangkan Persen peningkatan sikap kerjasama siswa pada kelas ekperimen I sebesar 47,52 % dan pada kelas ekperimen II sebesar 48,88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 013
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:13
Last Modified: 18 Feb 2019 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28700

Actions (login required)

View Item
View Item