SUNIATI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131047 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4131131047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
3. NIM. 4131131047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 4131131047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 4131131047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 4131131047 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4131131047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4131131047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. NIM. 4131131047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM. 4131131047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4131131047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Badar aceh Tenggara T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xmia SMA Negeri 1 Badar yang terdiri dari 3 (tiga) kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak (random sampling), yakni kelas Xmia1 merupakan kelas ekperimen I dan kelas Xmia3 sebagai kelas ekperimen II. Sampel siswa diambil sebanyak 32 orang siswa berdasarkan kehomogenan nilai pretest dan berdasarkan pada tabel krejcie dengan α= 0,05. Pada kelas ekperimen I dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan kelas ekperimen II dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari istrumen tes dan non tes. Dimana instrument tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang telah divalidasikan. dan non tes digunakan untuk mengetahui sikap kerjasama siswa dengan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dengan thitung > 1,9994. Persen peningkatan hasil belajar siswa pada kelas ekperimen I sebesar 61 % dan kelas ekperimen II sebesar 53%, sedangkan Persen peningkatan sikap kerjasama siswa pada kelas ekperimen I sebesar 47,52 % dan pada kelas ekperimen II sebesar 48,88%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 013 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28700 |