LUBIS, TIA YOLANDA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311060 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 4133311060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 4133311060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM. 4133311060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM. 4133311060 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 4133311060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4133311060 TABLE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM. 4133311060 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM. 4133311060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
13. NIM 4133311060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
14. NIM. 4133311060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Medan dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 5 dari 23 siswa atau 21.74% dengan rata-rata kelas 44.89. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 13 dari 23 siswa atau 56.52% dengan rata-rata kelas 65.65. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu 21 dari 23 siswa atau 91.30% dengan rata-rata kelas 79.24. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dikelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Medan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 021 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA, PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28695 |