Fadilah (2017) ANALISIS HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331039 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4133331039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
3. NIM 4133331039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4133331039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM 4133331039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 4133331039 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4133331039 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4133331039 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4133331039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM 4133331039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4133331039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan apakah model PBL dengan media powerpoint lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional; apakah model PBL tanpa media powerpoint lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional; dan apakah model PBL dengan media powerpoint lebih baik dari pada model PBL tanpa media powerpoint. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Kelas X IPA yang dibelajarkan dengan kurikulum 2013. Sebagai sampel penelitian yang digunakan adalah siswa SMA Negeri 12 Medan pada kelas X IPA pada pembelajaran pokok bahasan Konsep Mol. Sampel tersebut terdiri dari tiga yaitu: kelas yang pertama terdiri dari 30 orang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (Eksperimen I); kelas yang kedua terdiri dari 30 orang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL tanpa media powerpoint (Eksperimen II); dan kelas yang ketiga terdiri dari 30 orang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dengan media powerpoint (Eksperimen III). Instrument penelitian yang digunakan adalah sebanyak 19 item soal. Soal pilihan berganda pengukur hasil belajar dengan lima pilihan. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji perbedaan-perbedaan tersebut berdasarkan hasil belajar yang diperoleh adalah statistik uji beda nyata pada tingkat signifikansi 5%. Hasil yang diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar Eksperimen I = 75,57; hasil yang diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar Eksperimen II = 80,47; dan hasil yang diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar Eksperimen III = 84,90. Dengan uji beda nyata statistik t pada tingkat signifikansi 5% pada hasil belajar ketiga Eksperimen tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar model PBL dengan media powerpoint lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; hasil belajar model PBL tanpa media powerpoint lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; dan hasil belajar model PBL dengan media powerpoint lebih baik daripada model PBL tanpa media powerpoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 015 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28690 |