SIJABAT, JULESTRI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111034 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1133111034 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. NIM. 1133111034 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4. NIM. 1133111034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 1133111034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 1133111034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM. 1133111034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1133111034 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1133111034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1133111034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
11. NIM. 1133111034 BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
15. NIM. 1133111034 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
16. NIM. 1133111034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas IV SD Negeri 101775 Sampali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 17 orang dan siswa perempuan sebanyak 13 orang yang berasal dari siswa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Berdasarkan analisis data, ternyata pada saat dilakukan pretest dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 2 orang siswa (6,67%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 28 orang siswa (93,33%) mendapatkan nilai tidak tuntas dengan nilai rata-rata 40,5. Pada siklus I terdapat sebanyak 3 orang siswa (10%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 27 orang siswa (90%) mendapatkan nilai tidak tuntas dengan rata-rata nilai 47,17. Sedangkan pada siklus II terdapat 27 orang siswa (90%) mendapatkan nilai tuntas, dan sebanyak 3 orang siswa (10%) mendapatkan nilai tidak tuntas dengan rata-rata nilai 80,33. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok kenampakan alam dan keragaman sosial budaya di kelas IV SD Negeri 101775 Sampali. Dengan demikian, disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 001 |
Keywords: | Pembelajaran IPS, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28688 |