BARUS, RIBKA MENTARI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MEDIA HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AK SMK NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342058_COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 7133342058_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM. 7133342058_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. NIM. 7133342058_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 7133342058_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 7133342058_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7133342058_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7133342058_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 7133342058_BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. NIM. 7133342058_BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7133342058_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Ribka Mentari Barus, NIM. 7133342058. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Media Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI-AK SMK Nusantara Lubuk Pakam T.P 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi. Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2017.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-AK SMK Nusantara Lubuk Pakam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dengan Media Handout di kelas XI-AK SMK Nusantara Lubuk Pakam T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Nusantara Lubuk Pakam yang terletak di Jl.Tengku Raja Muda No 1. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIAK yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasi belajar. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang (23,3%) dengan nilai rata-rata (57,16%), sedangkan pada siklus I yang tuntas sebanyak 12 orang (40%) dengan nilai rata-rata (67,46%). Menigkat pada siklus II menjadi 25 orang (83,3%) dengan nilai rata-rata (79,83%) atau mengalami peningkatan sebesar 43,3%. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan ≥80% siswa memperoleh nilai ≥75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan Media Handout dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar dana kas kecil kelas XI-AK SMK Nusantara Lubuk Pakam T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 017 |
Keywords: | HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MEDIA HANDOUT |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB135 Mathematical economics L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:12 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28685 |