Sinaga, Maria Agnestasia (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132111018 COVER .pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 4132111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. NIM 4132111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 4132111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM 4132111018 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM 4132111018 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 4132111018 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM 4132111018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM 4132111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4132111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM 4132111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem persamaan linier tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan metode simple random sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-MIA 3 sebagai kelas eksperimen A dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelas X-MIA 4 sebagai kelas eksperimen B dengan model pembelajaran berbasis masalah, jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 5 soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah dinyatakan valid.
Berdasarkan data tes kemampuan pemecahan masalah matematika, nilai rata-rata di kelas eksperimen A sebesar 66,38, sedangkan nilai rata-rata di kelas eksperimen B sebesar 57,34. Dengan menggunakan perhitungan uji hipotesis satu arah, diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 025 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH,PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK, PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:12 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28680 |