NASUTION, MASYITHOH NUR (2017) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 BATANGTORU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156131005 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM. 8156131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
3. NIM. 8156131005 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8156131005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 8156131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 8156131005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8156131005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156131005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM. 8156131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
13. NIM. 8156131005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM. 8156131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi di sekolah. Kepemimpinannya akan sangat berpengaruh dalam menentukan kemajuan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan strategi kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, (2) mendeskripsikan proses penerapan strategi kepemimpinan dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Yang dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan: peningkatan semangat kerja para guru, pengembangan kerjasama dengan lembaga lain, peningkatan pemberian penghargaan pada guru yang berprestasi dan memberikan kesejahteraan di luar gaji pokok, (2) proses penerapan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan: mendatangkan tim ahli untuk mengadakan pembinaan, memantau perkembangan guru, memperlakukan guru sebagai mitra kerja, 3) faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan: 1) faktor pendukung: membuat perencanaan pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan memperhatikan kondisi peserta didik, mewujudkan iklim kelas yang kondusif, 2) faktor penghambat: masih adanya guru yang rendah kesadarannya akan peningkatan mutu guru, masih adanya guru yang kurang berkompeten dan masih kurangnya jumlah guru sesuai kebutuhan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Nas s |
Keywords: | KEPALA SEKOLAH, MUTU PENDIDIK, STRATEGI KEPEMIMPINAN, TENAGA KEPENDIDIKAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:12 |
Last Modified: | 20 Feb 2019 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28679 |