PASARIBU, NUR ANISYAH (2017) ANALISIS HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA YANG DIBELAJARKAN MELALUI PENERAPAN MODEL KOOP[ERATIF DENGAN TIPE MAKE A MATCH DAN TALKING STICK PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123331034 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 4123331034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM 4123331034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 4123331034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
5. NIM 4123331034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM 4123331034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 4123331034 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM 4123331034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 4123331034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
13. NIM 4123331034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 4123331034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan berbedaan efektivitas pembelajaran (hasil belajar) antara yang dibelajarkan dengan model kooperatif dengan tipe Make A Match dan Talking Stick pada pokok bahasan sistem koloid pada siswa kelas XI IPA, dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada semester genap pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diteliti adalah siswa SMA Istiglal Delitua sebanyak 84 orang, yang terdiri dari 2 kelas, yaitu sebagai kelas eksperimen 1 sebanyak 42 orang (yang dibelajarkan model kooperatif dengan tipe Make A Match) dan kelas eksperimen 2 sebanyak 42 orang (yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe Talking Stick). Instrumen penelitian yang digunakan adalah 21 item soal pilihan berganda dengan jumlah pilihan 5, yaitu A, B, C, D, E. Analisis statistik untuk menguji perbedaan efektivitas tersebut berdasarkan hasil belajar yang diperoleh pada kedua kelas tersebut adalah statistik t dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil belajar yang diperoleh dari penelitian ini bahwa rataan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 = 71.90; sementara rataan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 2 = 62.19. berdasarkan uji statistik t tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model Make A Match lebih tinggi secara signifikan (tingkat signifikansi 0.05) dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui metode Talking Stick pada pembelajaran sistem koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 016 |
Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, MAKE A MATCH, TALKING STICK |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:12 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28677 |