NINGSIH, SRI WARDA (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS VII SMP NEGERI 41 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131111048 Cover.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4131111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM 4131111048 Curriculum Vitae.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM 4131111048 Abstrak.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
5. NIM 4131111048 FREE FACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 4131111048 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4131111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4131111048 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4131111048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
10. NIM 4131111048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
14. NIM 4131111048 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
15. NIM 4131111048 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitianini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Open Ended dan Pendekatan Realistic Mathematics Educationdi kelas VII SMP Negeri 41 Medan T.A 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 41 Medan yang terbagi dalam 8 kelasdan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang dipilih dengan teknik random sampling yaitu kelas VII-6 menjadi kelas eksperimen 1 dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dan kelas VII-7 menjadi kelas eksperimen 2 dengan menggunakan pendekatan Open Ended. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 77,56 sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata posttest adalah 71,87. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dua arah. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (2,1570) > ttabel(1,6669) maka Ha diterima. Serta pada setiap aspek kemampuan pemecahan masalah matematis, siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan Realistic memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan Open Ended. Untuk memahami masalah yaitu 74,76>73,14, merencanakan masalah yaitu 91,66>89,58, melaksanakan penyelesaian masalah yaitu 91,43>83,56, dan memeriksa kembali yaitu 46,87>34,72. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Educationberbeda dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan OpenEnded pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri41 Medan T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 027 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, REALISTIC, OPEN ENDED. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:11 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28655 |