WAHYUDI NASUTION, ADE AHMAD (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN C-MID ( COOPERATIVE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI AK DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342011_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 7133342011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM. 7133342011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM. 7133342011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM. 7133342011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 7133342011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 7133342011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133342011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 7133342011_BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM. 7133342011_BAB V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. NIM. 7133342011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarakuntansi siswa kelas XIAK SMK Negeri 1 Patumbak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaranC-MID (Cooperative Meaningful Instruction Design)lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kovensional pada siswa kelas XIAK di SMA Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak, Jalan Pertahanan Ujung Desa Patumbak 1 Kecamatan Patumbak. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XIAK di SMK Negeri 1PatumbakT.P. 2017/2018 yang berjumlah 70 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling,diperoleh jumlah sampel kelas eksperimen 30siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dikutip dari buku panduan kelas XI yang dianggap sudah valid dan reliabel, maka tidak perlu diuji cobakan. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen yaitu 45,67 dan 81,83. Sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol yaitu 50 dan 74,33. Dari pengujian diperoleh diperoleh t_hitung=4,172>t_tabel=1,671, yang berarti hipotesis penelitian diterima yaitu hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran C-MID (Cooperative Meaningful Instruction Design)lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran C-MID (Cooperative Meaningful Instruction Design)terhadap hasil belajar akuntansi pada materi dana kas kecilsiswa kelas XIAK di SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 018 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN C-MID (COOPERATIVE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN), METODE KONVENSIONAL, HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28640 |