HASIBUAN, SUHAILA (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI SMA NEGERI 1 NAMORAMBE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121041 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4131121041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
3. NIM 4131121041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM 4131121041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 4131121041TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM 4131121041 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 4131121041 TABLE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 4131121041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM 4131121041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
13. NIM 4131121041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14.NIM 4131121041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Inquiry Training untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada pokok bahasan gerak lurus di SMA Negeri 1 Namorambe Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Namorambe yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Inquiry Training, dan kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dengan masing-masing kelas berjumlah 36 orang siswa. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 9 soal, dan aktivitas keterampilan proses sains dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak) dan uji N-gain.
Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol secara berturut-turut adalah 30,50 dengan standar deviasi 8,37 dan 30,05 dengan standar deviasi 8,08. Nilai rata-rata postes untuk kedua kelas diperoleh secara berturut-turut adalah 76,3 dengan standar deviasi 7,28 dan 68,4 dengan standar deviasi 7,73. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil obeservasi aktivitas keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen meningkat disetiap pertemuan nilai deskriptornya dengan rata-rata 5,5% disetiap KPS. Hasil pengujian uji t dua pihak diperoleh thitung= 0,233 dan ttabel= 1,997 (thitung< ttabel), hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Hasil pengujian uji t satu pihak diperoleh thitung= 4,593 dan ttabel= 1,671 (thitung>ttabel), sehingga Ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Inquiry Training untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada pokok bahasan gerak lurus di SMA Negeri 1 Namorambe.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 016 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING, KETERAMPILAN PROSES SAINS, GERAK LURUS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28637 |