NAPITUPULU, MELYNA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP SWASTA PRIMBANA MEDAN T.A 2017/201811. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133311046 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4133311082 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM 4133311046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 4133311046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 4133311046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM 4133311046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM 4133311046 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM 4133311046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
9. NIM 4133311046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
13. NIM 4133311046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM 4133311046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Swasta Primbana Medan setelah diterapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Swasta Primbana Medan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII-B SMP Swasta Primbana Medan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil tes diagnostik diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika rendah dengan nilai rata-rata kelas 41,51. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 68,23 dengan 21 siswa atau 61,76% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 2,85 dengan kategori baik. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 84,19 dimana jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 32siswa atau 94,11% dari seluruh siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,35 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah terdapat 84,19% siswa yang telah tuntas memecahkan masalah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Primbana Medan. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 034 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA, MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28632 |