INDAH, RATNA SARI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS IX SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4132121022 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. 4132121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. 4132121022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. 4132121022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. 4132121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. 4132121022 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 4132121022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 4132121022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. 4132121022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13. 4132121022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. 4132121022 BABLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Inquiry Training berbasis animasi Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi
pokok Fluida Statis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI semester II SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017
yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random
sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrol. Tes hasil belajar
berjumlah 15 soal yang berbentuk pilihan berganda.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah
35,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 36,03. Setelah dilakukan uji
normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kelas
kontrol berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian hipotesis kesamaan
rata-rata pretes diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Setelah
kemampuan awal sama kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas
eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training berbasis animasi Flash
dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvesional. Data postes yang
diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 76,18 dan kelas kontrol
adalah 48,15. Hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan = 0,05
diperoleh tHitung > tTabel, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model
pembelajaran Inquiry Training berbasis animasi Flash mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di
kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 020 |
Keywords: | INQUIRY TRAINING, ANIMASI FLASH, HASIL BELAJAR FLUIDA STATIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:07 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28604 |