RAY, PUJA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMAN 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321019 COVER.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
2. NIM 4133321019 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM 4133321019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM 4133321019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. NIM 4133321019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM 4133321019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4133321019 TABLES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
8. NIM 4133321019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 4133321019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM 4133321019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM 4133321019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok
Fluida Statis Di Kelas XI Semester II SMAN 2 Percut Sei Tuan T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan two
group pretest –posttest design. Populasi penelitian adalah selusruh siswa kelas XI
IPA yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel secara cluster random
sampling terdapat 2 kelas, XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 30 siswa dan XI
IPA 2 sebagai kelas kontrol 30 siswa. Instrumen tes dalam bentuk essay dengan
jumlah 8 soal yang sudah divalidasi oleh validator dan lembar observasi. Untuk
menguji hipotesis digunakan uji beda ( uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu
uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,4
dan kelas kontrol 34,2, hasil uji t diperoleh thitung = 1,44 dan ttabel= 2,002 karena
thitung < ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai
rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 72,7 dengan standar deviasi 6,86 dan kelas
kontrol yaitu 61,17 dengan standar deviasi 7,55. Hasil nilai postes kelas
eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t satu pihak dan
diperoleh hasil 6,19 > 2,43 yaitu thitung > ttabel pada taraf nyata 0,05 maka (Ha)
diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh penggunaan Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada
Materi Pokok Fluida Statis Di Kelas XI Semester II SMAN 2 Percut Sei Tuan T.P
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 021 |
Keywords: | KUASI EKSPERIMEN, MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:07 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28603 |