Siregar, Siti Rahmadhani (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 104203 BANDAR KHALIPAH. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM.8156181031_COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2.NIM.8156181031_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3.NIM.8156181031_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (0B)
4.NIM.8156181031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5.NIM.8156181031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6.NIM.8156181031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7.NIM.8156181031_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8.NIM.8156181031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9.NIM.8156181031_BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13.NIM.8156181031_BAB V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14.NIM.8156181031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan bahan ajar membaca berbasis pendidikan karakter yang valid dan efektif, beserta seluruh instrument penelitian yang terkait dengan penerapan bahan ajar tersebut dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan bahan ajar membaca menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (four D models) yang terdiridari 4 tahap, yaitu: (1) tahap pendefenisian (define), (2) tahap perencanaan (design), (3) tahap pengembangan (develop) dan (4) tahap penyebaran (disseminate). Rancangan dalam ujicoba menggunakan design pretes dan postes pada setiap siklus uji coba. Subjekpadapenelitianiniadalahsiswa SD 104203 Bandar Khalipah kelas IV.Sedangkan objekdalampenelitianiniadalahBahan AjarMembacaBerbasisPendidikanKarakter.Instrumen yang digunakanterdiridarilembarvalidasiBahan Ajar, lembarvalidasiteshasilbelajar, teshasilbelajardanangketresponsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwavalidasiahlimateri, bahasa, dandesainpembelajaranmenyatakanbahwaBahan Ajar Membaca yang dikembangkanlayakdengankategorisangatvalid.Hasilbelajaruntukketuntasan klasikal kelaseksperimenpadatahappengembanganmeningkatdaripretest dan posttestsiswa sebesar 61,29 % ke 90,32 %. Nilaipretesdanpostesberdasarkan kriteria ketuntasan belajar secara klasikal tergolong tuntas. Dimana rata-rata hasil pretest sebesar 65,24 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 19 siswa dari 30 siswa danpostes sebesar 82,48 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 siswa dari 30 siswa. Perkembanagankaraktermemperoleh rata-rata penilaiankaraktersecarakeseluruhan 67.5% dengankategorimulaiberkembangdanefektif.Sedangkanhasilpenilaianketerampilanmembacasecarakeseluruhanadalah 82% dengankategorisangatbaik.Persentase rata-rata total respon positif siswa pada uji cobaproduksebesar 88,50%.Berdasarkan data tersebutdapatdisimpulkanbahwabahan ajar berbasispendidikankaraktertelahdapatdikatakanefektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.1 Sir p |
Keywords: | Kemampuan Membaca, Pendidikan Karakter, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:03 |
Last Modified: | 06 Mar 2018 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28583 |